Gunakan 5 Tips Ini Agar Konten Blog Kamu Lebih Menarik dan Berkualitas


Bagaimana sih caranya biar konten blog yang kita buat bisa menarik perhatian pembaca? Pertanyaan seperti ini sering membuat gundah setiap conten writer atau blogger, terutama untuk para pemula.

Bisa membuat sebuah konten yang menarik dan berkualitas memang keinginan semua blogger. Konten yang berkualitas pastinya akan menarik perhatian pembaca untuk mengunjungi sebuah website atau blog. Dan hasilnya akan mendapatkan traffic yang bagus untuk blog-nya.

Lalu apa yang harus saya lakukan untuk membuat konten yang menarik, bang?

Kalau itu pertanyaannya, jawabannya bisa bermacam ragam. Tergantung bagaimana kamu menggarap setiap ide yang muncul dan bagaimana kamu mengeksekusi ide-ide tersebut.

Namun, apa guna sebuah tulisan jika hanya menyuruh pembaca untuk mencari jawabannya sendiri. Oleh sebab itu, Disini Bang Te akan memberikan tips-tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten yang berkualitas dan menarik perhatian pembaca. Kita bahas pelan-pelan yaaa!  

1. Tawarkan konten dengan sudut pandang yang unik

Ketika kamu ingin membuat sebuah konten yang menarik, usahakan untuk menulisnya dengan sudut pandang yang unik. Hal ini berguna agar konten yang kamu tulis terlihat berbeda dengan konten-konten lain.

Tunjukkan sisi unik yang kamu miliki, sebisa mungkin harus terlihat berbeda dari konten lain. Dengan begitu, pembaca akan menemukan sesuatu yang berbeda dari tulisan kamu dan pastinya mereka akan tertarik untuk membacanya.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan riset yang mendalam untuk konten yang akan kamu buat. Lakukan juga riset pada beberapa konten dengan topik yang sama, biasanya disebut riset kompetitor. Ingat, langkah ini dilakukan untuk mencari sudut pandang yang berbeda, ya! Bukan meniru atau menjiplak konten milik orang lain

2. Pertajam fokus

Sudah menjadi rahasia umum jika sebuah tulisan atau konten itu harus berasal dari  ide yang utuh atau konkrit. Namun, di tips yang kedua ini saya tidak akan membahas tentang cara mencari ide, bisa dapat ide darimana, apa yang harus dilakukan supaya ide bisa muncul. Bukan, bukan itu point nya! Saya percaya bahwa kamu sudah memiliki banyak ide.

Tajamkan fokus pada satu ide, usahakan untuk tidak terjebak dalam berbagai macam ide. Membutuhkan tulisan yang panjang untuk membahas semua ide-ide itu, kalaupun diringkas tulisannya tidak dalam. Pilihkah satu aspek atau ide paling menarik, penting dan relevan. Buatlah konten yang berfokus pada satu perspektif saja.

3. Berikan sebuah jawaban

Apa yang sering dicari pada mesin telusur google? Ya, hampir semua orang berkunjung ke mesin telusur adalah untuk menemukan sebuah jawaban. Dengan segala kecerdasan dan kemahirannya, google akan menyediakan sejumlah jawaban di mesin pencari.

Bagaimana agar konten kamu bisa menjadi salah satu jawaban yang diberikan google? Sebisa mungkin buatlah konten yang bisa menjadi jawaban untuk pembaca. Buatlah daftar pertanyaan yang umumnya sering ditanyakan oleh banyak orang. Kemudian jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam konten atau artikel yang kamu tulis.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, apa guna sebuah konten atau artikel jika pembaca harus memikirkan sendiri jawabannya.

4. Sebarkan konten

Meski langkah ini tidak termasuk dalam teknik membuat konten, tetapi membagikan konten yang sudah dibuat sangat berguna dilakukan. Sebarkan konten di media sosial yang kamu miliki, beritahu mereka bahwa kamu sudah membuat konten yang menarik dan layak untuk di baca.  

Pastikan juga konten yang kamu buat bersifat Shareable (layak dibagikan). Ketika orang menemukan kontenmu yang sangat menarik, mereka akan menaruh keinginan untuk menyebarkannya. Paling tidak, mereka akan memposting konten kamu di timeline Facebook atau whatsapp story-nya

5. Pahami, pelajari, dan perbaiki

Satu fakta yang harus kamu yakini: Konten yang menarik dan berkualitas tidak akan tercipta pada pecobaan pertama. Pahami setiap detail konten yang sudah kamu buat. Lihatlah bagaimana tanggapan pembaca pada konten tersebut.

Jangan pernah tersinggung dengan komentar negatif dari siapapun. Berusahalah untuk selalu memperbaiki kualitas konten yang kamu buat.  Jadikan setiap konten yang sudah kamu buat sebagai satu pelajaran berharga.

Menulis konten yang menarik dan berkualitas bukanlah hal mudah. Tetapi akan terasa lebih mudah jika menulis sesuatu yang kamu anggap memiliki passion didalamnya. Butuh waktu panjang untuk benar-benar bisa membuat konten menarik dan dianggap berkualitas oleh pembaca. Teruslah belajar, teruslah mencoba, jangan berhenti hanya karena sebuah komentar negatif. Keep go on!

Saya Te

Saya Te Arif, admin blog webbangte.com, seorang sarjana Teknik yang terjebak dalam dunia digital atau bahasa kerennya menemukan passion didunia kepenulisan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama